PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS POWER POINT PADA MATERI SEL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MIPA DI SMA NEGERI 2 MUTIARA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media berbasis Power Point pada materi sel terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 2 Mutiara Kabupaten Pidie. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel penelitian terdiri dari 50 orang siswa yang dibagi menjadi dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang terdiri dari 25 orang siswa dan kelas kontrol yang terdiri dari 25 orang siswa. Data penelitian dikumpulkan melalui tes hasil belajar yang diberikan kepada siswa pada dua tahap, yaitu sebelum dan setelah perlakuan. Data penelitian dianalisis menggunakan rumus uji-t pada taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan media berbasis Power Point pada materi sel terhadap hasil belajar pada materi sel siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 2 Mutiara. Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung (4,20) yang lebih besar dari t tabel (1,67) pada taraf signifikansi 5%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penggunaan media berbasis Power Point Pada materi sel dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 2 Mutiara.
Kata Kunci: Media berbasis Power Point, Hasil Belajar, Materi SelTeks Lengkap:
PDFReferensi
Nedissa, Sandriana Juliana, Dkk. 2023. Biologi Sel. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.
Marianti, Sumandi Aditya. 2018. Biologi Sel. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Fitria. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Power Point terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 21(1), 1-11.
Nurhayati. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Power Point terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 20(1), 1-11
Nufus, L. Agustina, R. Dewi, E. 2023. Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Pada Materi Ekosistem Di Sma Negeri 2 Delima Kabupaten Pidie. Jurnal Biomafika, Volume 1, Nomor 1
Makawiyah. Safrijal. Hanani, N. 2023. Penerapan Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Virus Di Sma Negeri 1 Glumpang Tiga. Jurnal Real Riset, Vol 5, No 1
Dewi Ervina dkk. 2021. Penerapan Model Contextual Teaching And Learning Dapat Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Di Smpn 2 Sakti Kabupaten Pidie. Jurnal Real Riset, Volume 3, Nomor 3,
Saiful, M. (2023). The application of the relationship between the ability to study kinematics concepts and problem solving with learning achievement in physics learning. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(1), 62-70.
Amirzan, A., Muhammad, M., Jafaruddin, J., Herizal, H., Iqbal, M., & Ilyas, I. (2021). Implementing discipline in the COVID-19 period in improving student achievement. Jurnal Serambi Ilmu, 22(2), 178-185.
Rahmi, M., Saminan, S., Syukri, M., Yusrizal, Y., Khaldun, I., Artika, W., & Huda, I. (2022). Development of a Virtual Lab in Science-Physics Learning Based on the STEM Approach. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 2351-2355.
Syukri, M., Rahmi, M., Saminan, S., Artika, W., & Subramaniam, T. S. (2022). Virtual Lab Based on STEM Approach: Is It Effective to Enhance Students Concept of Temperature and Heat?. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 11(2), 151-164.
Mustika, D., Hasby, H., & Azmi, U. (2022). The Need Analysis of Basic Chemistry Practicum Based on Computation. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 2043-2050.
Muchsin, M., & Hamdi, H. (2021). Analysis of Student's Creativity Value and Process Skills through Learning Strategies Guided Inquiry. Jurnal Serambi Ilmu, 22(1), 98-109.
Muchsin, M., & Mariati, M. (2020). Application of Project Based Learning Models in Improving Creative Thinking of Students at Physics Lessons in SMA Bandar Baru. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 3(2), 1453-1458.
Muchsin, M., & Khumaedi, K. (2017). Analisis keterampilan mahasiswa calon guru dalam menjelaskan konsep menggunakan analogi pada pembelajaran Fisika. Physics Communication, 1(1), 23-33.
Hamdi, M., & Saiful, M. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Kinematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Multimodal Representasi Mahasiswa Calon Guru Fisika. Jurnal Real Riset, 4(2), 296-308.
Agustina, R., Dewi, E., & Mardhiah, A. (2022). Pelatihan Penggunaan Dan Pemeliharaan Mikroskop di SMAN I Mila Kecamatan Mila Kabupaten Pidie. Al Ghafur: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 16-27.
Agustina, R. (2011). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Group Investigation Pada Mata Kuliah Pengetahuan Lingkungan Di Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jabal Ghafur. Jurnal Sains Riset, 1(2), 1-6.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.