PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA

Khairun Nisa, Junaidi Junaidi, Taufiq Taufiq

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematic) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian Pre-test Post-test Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Sigli. Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas yaitu kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol yang dipilih berdasarkan teknik purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan N-Gain. Hasil penelitian diperoleh berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji Independent Sample T-test diperoleh nilai signifikan (2-arah) kurang dari 0,05 yaitu 0,000 maka H0 ditolak dan Ha diterima, berarti terdapat perbedaan rata-rata antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Nilai rata-rata siswa kelas eksperimen sebesar 61,125 dan untuk siswa kelas kontrol sebesar 38. Untuk uji N-Gain nilai rata-rata skor yang diperoleh 0,32 termasuk dalam kategori sedang. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan STEM terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fauziah, E., & Kuntoro, T. 2022. Modifikasi Intelegensi dan Berpikir Kritis dalam Memecahkan Masalah. El-Athfal: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Anak, 2(01), 49-63.

Hartanti, N. 2021. Pengaruh kecerdasan logis matematis dan kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA, 2(3).

Junaidi, Taufiq. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Delima. Jurnal Sosisal Humaniora Sigli, 4(1), 80-90.

Laisnima, L., & Siregar, T. 2020. Modul pembelajaran berbasis Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan proses peserta didik pada materi redoks dan sel elektrolisis. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 8(2), 84-90.

Muchsin, Hamdi. 2021. Analysis of Student's Creativity Value and Process Skills through Learning Strategies Guided Inquiry. Jurnal Serambi Ilmu. 22(1) : 98-109

Muhalizah, M. 2018. Pengaruh Metode Improve terhadap Kreativitas Kemampuan Komunikasi Matematis dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII A MTS Syekh Subakir pada Materi Bangun Datar. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 3(1), 92-104.

Nasional, D. P. 2008. Kamus besar Bahasa Indonesia.

Suyantana, I. N. 2023. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Journal of Tompotika: Social, Economics, and Education Science, 4(1), 9-19.

Zetriuslita, Z., Ariawan, R., & Nufus, H. 2016. Analisis kemampuan berpikir kritis matematis mahasiswa dalam menyelesaikan soal uraian kalkulus integral berdasarkan level kemampuan mahasiswa. Infinity Journal, 5(1), 56-66.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.