PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA

Tara Salsabila, Bansu Irianto Ansari, Mirunnisa Mirunnisa

Abstrak


ABSTRAKProses mental seseorang dalam mengumpulkan, mengklasifikasikan, menganalisis,dan mengevaluasi informasi untuk menarik kesimpulan dan mengatasi tantangan dikenal sebagai pemikiran kritis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kapasitas siswa untuk berpikir kritis. Sebuah desain kelompok kontrol pretest-posttest digunakan dalam penyelidikan ini. Seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Mutiara dijadikan populasi penelitian. Penelitian ini menggunakan metode sampel purposive sebagai strategi pengambilan sampelnya. Kelas VII A dijadikan sebagai kelas eksperimen dalam penelitian ini, sedangkan kelas VII B dijadikan sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pembelajaran Cooperative Script untuk penyelenggaraan ujian kemampuan berpikir kritis matematika. Uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis digunakan dalam analisis data. Perhitungan menggunakan uji non parametrik Mann-Whitney menunjukkan hal ini. Berdasarkan temuan analisis data dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena asimp. sig (2-tailed) dari data posttest adalah 0,000, yangmenunjukkan sig < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan median antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa siswa yang diajar dengan pendekatan Cooperative Script memiliki kemampuan berpikir kritis matematis yang lebih kuat daripada siswa yang diajar dengan model konvensional.Kata Kunci : Cooperative Script, Berpikir Kritis, analisis, evaluasi informasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Saiful, M. (2023). The application of the relationship between the ability to study kinematics concepts and problem solving with learning achievement in physics learning. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(1), 62-70.

Amirzan, A., Muhammad, M., Jafaruddin, J., Herizal, H., Iqbal, M., & Ilyas, I. (2021). Implementing discipline in the COVID-19 period in improving student achievement. Jurnal Serambi Ilmu, 22(2), 178-185.

Rahmi, M., Saminan, S., Syukri, M., Yusrizal, Y., Khaldun, I., Artika, W., & Huda, I. (2022). Development of a Virtual Lab in Science-Physics Learning Based on the STEM Approach. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 2351-2355.

Syukri, M., Rahmi, M., Saminan, S., Artika, W., & Subramaniam, T. S. (2022). Virtual Lab Based on STEM Approach: Is It Effective to Enhance Students Concept of Temperature and Heat?. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 11(2), 151-164.

Mustika, D., Hasby, H., & Azmi, U. (2022). The Need Analysis of Basic Chemistry Practicum Based on Computation. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 2043-2050.

Muchsin, M., & Hamdi, H. (2021). Analysis of Student's Creativity Value and Process Skills through Learning Strategies Guided Inquiry. Jurnal Serambi Ilmu, 22(1), 98-109.

Muchsin, M., & Mariati, M. (2020). Application of Project Based Learning Models in Improving Creative Thinking of Students at Physics Lessons in SMA Bandar Baru. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 3(2), 1453-1458.

Muchsin, M., & Khumaedi, K. (2017). Analisis keterampilan mahasiswa calon guru dalam menjelaskan konsep menggunakan analogi pada pembelajaran Fisika. Physics Communication, 1(1), 23-33.

Hamdi, M., & Saiful, M. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Kinematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Multimodal Representasi Mahasiswa Calon Guru Fisika. Jurnal Real Riset, 4(2), 296-308.

Agustina, R., Dewi, E., & Mardhiah, A. (2022). Pelatihan Penggunaan Dan Pemeliharaan Mikroskop di SMAN I Mila Kecamatan Mila Kabupaten Pidie. Al Ghafur: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 16-27.

Agustina, R. (2011). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Group Investigation Pada Mata Kuliah Pengetahuan Lingkungan Di Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jabal Ghafur. Jurnal Sains Riset, 1(2), 1-6.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.