PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SURVEY, QUESTION, READ, RECITE DAN REVIEW (SQ3R) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ANIMALIA DI SMA NEGERI 1 SAKTI
Abstrak
Pembelajaran di SMA Negeri 1 sakti masih berpusat pada guru, dalam menyampaikan materi pembelajaran guru lebih sering menggunakan model ceramah dan belum menggunakan model yang tepat. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran SQ3R. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa menlalui penerapan model pembelajaran SQ3R pada materi animalia di SMA Negeri 1 sakti. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara random sehingga terpilih kelas x ipa 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas x ipa 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik tes tertulis. Teknik analisis data dalam penelitian ini mengunakan statistik uji-t. Berdasarkan hasil penelitian, nilai rata-rata kelas eksperimen 75,13 dan nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 60,34 sehingga terjadi adanya peningkatan pada kelas eksperimen. Maka penerapan model pembelajaran SQ3R dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi animalia di SMA Negeri 1 sakti.
Kata kunci : Model pembelajaran SQ3R, materi animalia
Teks Lengkap:
PDFRefbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.