PENGARUH STRATEGI INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KREATIVITAS DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DI SMA NEGERI 1 BANDAR BARU

Cut Nazla, Muchsin Muchsin, Muhammad Saiful

Abstrak


Penelitian  ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan strategi inkuiri terbimbing terhadap kreativitas dan keterampilan proses sains di SMA Negeri 1 Bandar Baru. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan teknik penelitian quasi exsperimental. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-equivalent control group design. Pengambilan data dikelompokkan ke dalam 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 50 siswa untuk kelas eksperimen dan 52 siswa untuk kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes kreativitas dan tes keterampilan proses sains. Nilai hasil tes kreativitas siswa pada taraf signifikansi 0,05 diperoleh nilai sig adalah 5,965> 1,98 (thitung > ttabel) dan Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 menunjukkan bahwa data tersebut signifikan atau berbeda nyata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Uji hipotesis dengan program SPSS versi 23.0 for windows pada taraf signifikan 0,05 diperoleh hasil; nilai keterampilan proses sains siswa menunjukkan bahwa t-hitung > t-tabel pada taraf signifikan 0,05 yaitu 6,055> 1,98 menunjukkan bahwa terdapat pengaruh strategi inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa. Hal ini menunjukkan bahwa keterampilan proses sains siswa yang memiliki tingkat kreativitas tinggi dengan siswa yang memiliki tingkat kreativitas rendah, dimana siswa memiliki tingkat kreativitas tinggi memperoleh keterampilan proses lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki tingkat kreativitas rendah dan antara kreativitas siswa dengan terhadap keterampilan proses sains.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Saiful, M. (2023). The application of the relationship between the ability to study kinematics concepts and problem solving with learning achievement in physics learning. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(1), 62-70.

Amirzan, A., Muhammad, M., Jafaruddin, J., Herizal, H., Iqbal, M., & Ilyas, I. (2021). Implementing discipline in the COVID-19 period in improving student achievement. Jurnal Serambi Ilmu, 22(2), 178-185.

Rahmi, M., Saminan, S., Syukri, M., Yusrizal, Y., Khaldun, I., Artika, W., & Huda, I. (2022). Development of a Virtual Lab in Science-Physics Learning Based on the STEM Approach. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 2351-2355.

Syukri, M., Rahmi, M., Saminan, S., Artika, W., & Subramaniam, T. S. (2022). Virtual Lab Based on STEM Approach: Is It Effective to Enhance Students Concept of Temperature and Heat?. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 11(2), 151-164.

Mustika, D., Hasby, H., & Azmi, U. (2022). The Need Analysis of Basic Chemistry Practicum Based on Computation. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 2043-2050.

Muchsin, M., & Hamdi, H. (2021). Analysis of Student's Creativity Value and Process Skills through Learning Strategies Guided Inquiry. Jurnal Serambi Ilmu, 22(1), 98-109.

Muchsin, M., & Mariati, M. (2020). Application of Project Based Learning Models in Improving Creative Thinking of Students at Physics Lessons in SMA Bandar Baru. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 3(2), 1453-1458.

Muchsin, M., & Khumaedi, K. (2017). Analisis keterampilan mahasiswa calon guru dalam menjelaskan konsep menggunakan analogi pada pembelajaran Fisika. Physics Communication, 1(1), 23-33.

Hamdi, M., & Saiful, M. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Kinematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Multimodal Representasi Mahasiswa Calon Guru Fisika. Jurnal Real Riset, 4(2), 296-308.

Agustina, R., Dewi, E., & Mardhiah, A. (2022). Pelatihan Penggunaan Dan Pemeliharaan Mikroskop di SMAN I Mila Kecamatan Mila Kabupaten Pidie. Al Ghafur: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 16-27.

Agustina, R. (2011). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Group Investigation Pada Mata Kuliah Pengetahuan Lingkungan Di Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jabal Ghafur. Jurnal Sains Riset, 1(2), 1-6.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.