PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA KONSEP EKOSISTEM DI SMA NEGERI 2 DELIMA.

Lailatun Nufus, Rahmi Agustina, Ervina Dewi

Abstrak


ABSTRAK

Penelitian ini berfokus pada tantangan dalam pengajaran konsep ekosistem di SMAN 2 Delima Kabupaten Pidie, yang ditandai dengan rendahnya aktivitas siswa dan penggunaan media pembelajaran yang statis. Untuk mengatasi hal tersebut, penelitian ini mengembangkan dan menganalisis desain multimedia interaktif sebagai media pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) yang dikembangkan oleh Barg & Gall. Data dikumpulkan melalui validasi oleh ahli materi dan media, serta melalui respon dari guru dan siswa yang terlibat dalam uji coba. Instrument yang digunakan berupa angket (kuesioner) berskalar likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran multimedia interaktif ini mendapatkan persentase kepuasan rata-rata 98% dari ahli media, menunjukkan sangat layak digunakan, dan 59% dari ahli materi, menunjukkan cukup layak dengan beberapa revisi. Kesimpulannya, multimedia interaktif ini direkomendasikan sebagai media pembelajaran di SMAN 2 Delima Kabupaten Pidie.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Ali, Kemas. (2013). Biologi Tanah. Jakarta: Rajawali Press.

Ali, Mohammad. (2010). Metodologi dan Aplikasi Riset Pendidikan. Bandung: Pustaka Cendekia Utama.

Amri, Sofan. (2013). Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Puataka.

Borg, W. R., & Gall, M. D. (1989). Educational research: An introduction. Longman.

Busyaeri, Akhmad, dkk. (2016). “Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Mapel IPA Di MIN Kroya Cirebon”. Jurnal Al Ibtida, 3(1): 129-139.

Danim, Sudarwan. (2008). Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Dewi, Kurnia. (2020). Pentingnya Mesia Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini.

Djamal, Irwan. (2010). Ekosistem, Lingkungan Dan Pelestariannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamal, Zoer’aini. (2010). Prinsip-prinsip Ekologi. Jakarta: Bumi Aksara.

Epinur. (2014). “Pengembangan Media Pembelajaran Kimia pada Materi Elektrokimia untuk Kelas XII SMAN 8 Kota Jambi dengan Menggunakan Software Multimedia interaktif”. Jurnal Ind. Soc. Integ. Chem.

Hamalik, Oemar. (2007). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hayumuti. (2016). Penggunaan Multimedia CD Interaktif Dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Tema Selalu Menghemat Energi Di Kelas IV SDN Klanderan Kediri. Jurnal Pendidikan Teori Penelitian dan Pengembangan.

Istiqlal, Muhammad. (2019). “Pengembangan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Matematika”. Jurnal ilmiah Pendidikan Matematika, 2(8): 25-34.

Jasa Ungguh Muliawan. (2015). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kurnia, Rita dan Guslinda. (2018). Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Surabaya: Jakad Publishing.

Mitchel, Reece. (2008). Campbell Edisi ke delapan Jilid ke Tiga. Jakarta: Erlangga.

Muhtadi, Ali dan Hotimah. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif IPA Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi

Nunuk, dkk. (2018). Media Pembelajaran Inovasi dan Pengembangannya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pradana, Ian Bimasta, dkk. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Matapelajaran IPA Materi Cahaya. Jurnal JINOTEP Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran.

Priyanto, Dwi. (2009). “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Komputer”. Jurnal Pikiran Alternatif Kependidikan.

Reece, Campbell, dkk. (2006). Biologi edisi ke-5. Jakarta: Erlangga.

Rifai, M. (2004). Kamus Biologi. Jakarta: Balai Pustaka.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.